Uncategorized

Ciri-ciri Lowongan Pekerjaan Fiktif Yang Harus Kita Hindari

Mencari pekerjaan secara online sekarang banyak dilakukan melalui situs-situs khusus lowongan kerja. Namun, tak jarang terdapat beberapa perusahaan fiktif yang bertujuan hendak menipu serta memeras para pelamar kerja. Agar terhindar dari oknum penipu ini, kita harus tahu apa saja ciri-ciri dari lowongan pekerjaan fiktif serta bagaimana biasanya perusahaan fiktif ini menipu para pelamar kerja. Pertama, perusahaan fiktif ini biasanya akan menggunakan nama serta alamat yang tidak ditemukan, alias nama fiktif juga. Inilah pentingnya mengecek company profile atau profil dari perusahaan yang hendak kita lamar. Pastikan kita tahu nama perusahaan, alamat, nomor telepon serta bergerak di bidang apakah perusahaan itu.
pt multi nusa sakti
Kedua, lowongan perusahaan fiktif biasanya akan memungut sejumlah dana pada pelamar kerja. Perlu diketahui bahwa proses lamaran pekerjaan adalah gratis tanpa dipungut biaya. Jika perusahaan memungut biaya pendaftaran atau administrasi dalam bentuk apapun dan berapapun jumlahnya, maka perusahaan tersebut sudah bisa dipastikan sebagai perusahaan fiktif. Trik dari perusahaan fiktif lain yang biasa ditemukan adalah dengan meloloskan pelamar ke tahap tes akademik. Kemudian, tes diadakan di luar pulau dan pelamar diminta untuk membeli tiket pesawat serta travel ke biro yang ditunjuk oleh perusahaan fiktif tersebut. Perlu diketahui bahwa trik ini termasuk penipuan serta sering terjadi pada lamaran kerja online.

 

Perusahaan tidak pernah menyediakan biro perjalanan atau travel untuk transportasi peserta selama mengikuti berbagai tahapan tes. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk mengikuti tes akademik ataupun tes lainnya akan ditanggung oleh pelamar. Pungutan biaya dalam bentuk seperti ini sudah jelas merupakan trik dari perusahaan fiktif dalam menipu pelamar kerja. Penting untuk memastikan bahwa kita tidak mengeluarkan biaya sama sekali dalam proses lamaran pekerjaan di perusahaan manapun. Demikian adalah ciri-ciri dari beberapa lowongan perusahaan fiktif yang banyak terdapat pada situs lowongan kerja online ataupun pengumuman offline. Semoga kita semakin terbantu dalam menemukan lowongan pekerjaan yang bukan berasal dari perusahaan fiktif. Selamat melamar pekerjaan dan semoga berhasil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *