Uncategorized

Cara Menanam Kopi Hijau

Penjual Green Coffee-Pernah mendengar dan mencicipi kopi hijau? Kopi kaya manfaat ini, kini mulai diminati masyarakat luas. Kandungan kafein lebih sedikit dan aman bagi lambung, menjadikannya primadona dikalanga pecinta kopi.

Lalu bagaimanakah Cara Menanam Kopi Hijau? Mudahkah? Atau sulitkah? Berikut akan dibahas beberapa macam cara pembudidayaan kopi hijau.

  • Sbor dan persiapan matang dari buah kopi menjadi biji kopi

Langkah awal yang harus dilakukan adalah mempersiapkan beberapa hal termasuk buah yang akan dijadikan bibit nantinya. Pilih pohon yang sehat dan tumbuhnya tinggi. Lalu bersihkan buah dengan cara dicuci sampai bersih menggunakan air sampai daging buahnya terkelupas semua.

Kemudian, biji yang sudah dibersihkan tadi di keringkan di tempat terbuka. Kadar air pada kopi segar sekitar 60-70%, proses pengerinngan ini harus mampu mengurangi kadar air sebesar 40-50%, jadi jumlah air hanya tinggal 20%.

Selain itu, pastikan bahwa kacang kering di luar tapi sedikit lembab di bagian dalam dengan cara menggigit kopi tersebut. Dan usahakan tidak menjemur biji kopi di bawah sinar matahari langsung.

  • Proraschivanie biji kopi.

Apabila tidak memiliki buah segar untuk dijadikan biji, anda bisa melakukan pemesanan dan pembelian di coffe shop. Pastikan bahwa buah tersebut adalah tanaman baru dan mintalah produk terbaru.

Cara Menanam Kopi Hijau dengan teknik seperti ini memang cukup rumit, butuh kesabaran dan ketelitian. Setelah barang dikirim, setelah itu mulailah dengan merendam kacang semalaman, selanjutnya kopi disebat di pasir lembab atau vermikulit, atau anda juga bisa menggunakan karung goni yang kasar, dan kain lainya.

Yang wajib dijaga adalah kelembabannya, sirami media tersebut dua kali sehari dengan penuh kesabaran dan harus hati-hati agar kandungan air tidak berlebihan. Tunggulah hingga tunasnya tumbuh, alau pindahkan secara perlahan dan sangat hati-hati ke tanah liat yang mengandung humus, setelah itu buat lubang dengan kedalaman 1,25 cm.

Tambahkan juga pupuk kandang lalu letakkan bibit tersebut dalam lubang dan tutupi kembali dengan tanah sekitar 1 cm dari lubang. Letakkan juga limbah gabah yang sudah direndam air semalaman untuk menjaga kelembapannya.

Sirami setiap hari dan jangan sampai jumlah air terlalu banyak karena bisa membunuh tanaman kopi. Dengan membiarkan bibit tersebut dalam tanah, membantunya bertransplantasi ke dalam tanah yang memiliki kandungan nitrogen tinggi dan kadar keasaman rendah.

  • Cara Menanam Kopi Hijau dengan metode uhod

Metode penanaman kopi hijau dengan sistem indoor juga menjadi pilihan, seperti di negara barat yang memiliki cuaca dingin, akan sulit membudidayakan kopi di luar ruangan. Untuk itu, alternatif menanam dalam ruangan menjadi pilihan.

Caranya dengan menumpuk semak yang sudah direndam dalam air satu hari. Hal ini untuk menjaga kadar air agar tetap terjaga. Setelah itu, campur semak dengan tanah dan pupuk. Kopi dengan sistem ini baru bisa menghasilkan buah dalam jangka waktu 2-3 tahun, dengan kualitas minimal.

Jangan mengharapkan hasil melimpah dan buah yang baik, karena dengan media penanaman uhod tidak bisa menghasilkan buah maksimal.

Metode dan cara menanam kopi hijau dengan beberapa cara di atas bisa menjadi alternatif bagi anda yang ingin membudidayakan kopi hijau, tapi tidak memiliki lahan yang baik. namun, jika dilihat dari hasil panennya, metode uhod dari semak tidak anda coba, selain sudah jelas hasilnya tidak banyak, prosesnya juga cukup rumit dan melelahkan.

Sumber : Green Roses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *