Tips Kesehatan

Manfaat Susu Ibu Hamil Yang Harus Diketahui

Sering kita melihat atau mendengar produk susu untuk ibu hamil seperti di tv, medsos, radio, dll. Memang hal itu tidak mengejutkan karena banyak sekali manfaat susu ibu hamil. Banyak penelitian yang di lakukan untuk mengetahui khasiat minum susu ibu hamil, apa lagi jika rutin mengkonsumsinya. Tetapi tidak semua ibu hamil boleh minum susu , karena ada sebagian ibu hamil yang memiliki intoleransi laktosa.

Kandungan yang terdapat pada susu ibu hamil mempunyai nutrisi yang lengkap untuk kebutuhan ibu hamil, dan juga untuk perkembangan janinnya seperti kandungan omega 3, omega 6, DHA, EPA, kolin dan sebagainya. Karena begitu banyak manfaat dari susu ibu hamil, maka dari itu, ibu yang sedang mengandung di sarankan untuk meminum susu ibu hamil.

manfaat susu ibu hamil
sumber gambar

Kenapa ibu hamil di sarankan untuk mengkonsumsi susu selama mengandung? , lalu jenis susu apa yang baik untuk ibu yang sedang hamil?

Susu mempuyai komposisi yang cukup berimbang antara kalium, kalsium, vitamin, dan protein yang berguna untuk menjaga perkembangan tubuh janin. Lalu bagaimana jika ibu hamil alergi terhadap susu sapi?, susu sapi bisa di ganti dengan susu kedelai jika ibu tersebut mengalami alergi.

Di bawah ini ada beberapa manfaat susu ibu hamil, ketika sedang mengandung antara lain:

  • Susu memiliki kalsium yang tinggi

Manfaat susu ibu hamil yang pertama adalah mencukupi kebutuhan kalsium. Selama proses kehamilan, kalsium merupakan komponen yang sangat penting untuk menunjang kesehatan ibu maupun janinnya. Ketika kalsium yang dibutuhkan oleh ibu hamil tidak tercukupi maka akan bisa berakibat fatal untuk perkembangan janin.

  • Susu dapat meredakan rasa mual

Ketika trimester pertama rasa mual yang dialami akan begitu kuat atau bisa juga di sebut dengan morning sickness. Namun keadaan ini bisa di atasi dengan mengkonsumsi susu ibu hamil dalam kondisi dingin, karena susu yang dingin, bisa menurunkan rasa mual tersebut.

  • Susu dapat mencukupi kebutuhan protein

Kemudian manfaat susu ibu hamil lainnya adalah mencukupi kebutuhan akan protein . Jika anda kurang dalam hal mengkonsumsi protein, maka akan berpengaruh terhadap berat badan janin, yang akan berkurang secara drastis, dan yang lebih di takutkannya adalah lahir secara prematur. Bukan hanya itu saja, protein yang ada dalam kandungan susu juga bisa menguatkan rahim anda, dan bisa untuk melancarkan peredaran darah serta menyehatkan payudara anda.

  • Susu juga menghidrasi tubuh

Susu juga salah satu cairan yang dibutuhkan selama proses kehamilan. Sehingga agar ibu hamil tidak mengalami dehidrasi, maka ada sebaiknya mengkonsumsi susu ibu hamil secara rutin.

  • Vitamin D yang bagus untuk ibu hamil

Vitamin D yang terkandung dalam susu sangat bagus dan di butuhkan oleh wanita yang sedang mengandung karena vitamin D penting dalam pengaturan kalsium dan fosfor didalam tubuh.

  • Memperbaiki plasenta

Plasenta merupakan satu-satunya jalan untuk menghubungkan nutrisi dari ibunya ke janinnya. Dengan sering mengkonsumsi susu akan membuat jalan plasenta lebih besar, sehingga nutrisi yang di butuhkan bayi akan cepat terserap.

  • Membantu air ketuban agar lebih baik lagi

Beberapa penelitian menyebutkan, beberapa ibu hamil memiliki kualitas air ketuban yang buruk sehingga mempengaruhi perkembangan janin. Agar terhindar dari masalah tersebut, sebaiknya para ibu hamil mengkonsumsi susu.

  • Memperbaiki jaringan otot, mata, hati, jantung dan mata

Ketika para ibu mengandung, akan rentan sekali rusaknya jaringan,yang berada di dalam tubuh , dan akan membahayakan janin tersebut. Oleh sebab itu harus menjaga kualitas ototnya dengan cara mengkonsumsi susu ibu hamil.

  • Membantu pembentukan gigi dan tulang

Gigi dan tulang adalah komponen yang sangat penting bagi ibunya dan janin. Manfaat dari susu ibu hamil yaitu memiliki kandungan kalsium yang akan menguatkan tulang dan gigi, dan jika asupan kalsium sangat banyak, bisa menjaga keadaan tulang sampai dewasa dan terhindar dari osteoporosis.

  • Mempelancar ASI

Wanita yang sudah mengandung dan akan melahirkan, akan membutuhkan yang namanya ASI yang cukup banyak. Lalu bagaimana untuk mendapatkan ASI yang cukup dan lancar untuk di konsumsi oleh janin, yaitu dengan minum susu dan melakukan pijatan di sekitar payudara untuk mendapatkan ASI, karena ASI yang lancar akan membuat bayi tumbuh dengan sehat.

  • Membantu pembekuan darah

Wanita dan anak kecil sering ceroboh dengan apa yang dilakukannya, seperti rentan akan jatuh. Ketika jatuh maka kemungkinan akan cidera dan mengeluarkan darah, jika tubuh tidak memiliki sistem pembekuan darah yang cukup baik, maka tubuh akan sulit untuk menghentikan pendarahan. Asupan susu yang cukup akan membantu membuat anda menghindari dari namanya pendarahan.

  • Mengurangi resiko terkena amenia

Penyakit ini berkaitan dengan kurangnya darah, hal ini bisa terjadi karena pasokan darah yang ke tubuh berkurang. Sehingga bisa membuat ibu hamil merasa pusing, lelah dan mudah sakit, hal ini tidak baik untuk perkembangan janin. Maka dari itu zat besi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan harus tercukupi.

  • Membantu pembentukan jaringan pada bayi

Jaringan pada bayi tidak dengan sendirinya akan terbentuk, pasti ada sesuatu yang bisa membuat jaringan terbentuk. Harus ada rangsangan dari luar untuk membantu terbentuk jaringan, salah satunya dengan vitamin A yang cukup. Anda bisa mendapatkan vitamin A melalui susu ibu hamil.

  • Membantu melawan infeksi

Tubuh merupakan tempat berkumpulnya berbagai penyakit, maka dari itu kalian harus menjaga kesehatan dan menguatkan tubuh untuk melawan infeksi. Dengan cara minum vitamin A atau sekitar 5000 IU juga bisa untuk tubuh melawan berbagai penyakit.

Demikian beberapa manfaat dari susu ibu yang bisa membantu menjaga tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Semoga si buah hati anda lahir dengan selamat tanpa kurang sesuatu. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *