Bisnis

Bunga Hollyhock

Bunga hollyhock merupakan bunga yang berasal dari inggris. Memiliki arti bunga yang suci dan sering tumbuh di batu-batuan kuburan. Hollyhock akan tumbuh subur jika terkena terik matahari. Jika banyak tanaman tidak begitu kuat dengan sinar matahari, hollyhock sama sekali tidak bermasalah dengan hal tersebut.

Hollyhock terdiri dari 60 spesies dan masuk dalam genus alcea. Selain di Inggris, tanaman ini juga banyak terdapat di asia bagian barat dan tengah.

Hollyhock juga merupakan symbol ambisi, mungkin karena perawakannya yang tinggi menjulang serta kokok dan tahan panas karena itulah bunga ini diidentikkan dengan ambisi yang berkobar-kobar dan menyala. Dengan warna-warni yang menarik akan memberikan keindahan di taman- taman bunga, Kontraktor Taman.

Menanam hollyhock pada umumnya melalui biji ataupun benih hollyhock, adapun cara menanamnya hampir sama dengan cara menanam tanaman yang lainnya, yaitu sebagai berikut :

  1. siapkan media tanam, bisa menggunakan campuran kompos dan sekam dengan perbandingan 1:1 atau bisa juga menggunakan media tanam yang lain, atau dengan cara kapas lembab. Usahakan kukus media tanam atau bisa juga menggunakan nematisida seperti furadan dan ketentuan pemakaian. Hal ini diperuntukkan agar meminimalisir serangan hama ataupun hewan kecil seperti siput keci, ataupun nematode dan lain sebagainya sehingga keberhasilan menanam menjadi lebih besar.
  2. siapkan juga tempat menyemai seperti tray semai, pot, gelas air mineral bekas atau tempat yang lainnya. Dan jangan lupa untuk memberikan lubang pada bagian bawah tempat semai agar nantinya media tanam tidak banyak yang keluar dari lubang pot apalagi bila lubangnya terlalu besar tetapi air tetap bisa keluar.
  3. isikan media tanam ke tempat penyemaian sekitar ¾ bagian.
  4. basahi media tanam dengan air sampai air mengalir keluar.
  5. setelah itu letakkan benih hollyhock dalam posisi tertidur.
  6. lalu berikan selapis tanah tipis di atas benih hollyhock yang telah di tabor.
  7. siram dengan air sedikit.
  8. beri penutup dari plastik bening pada bagian atas pot semai dan ini boleh dilakuakn boleh juga tidak untuk menjaga kelembaban media.
  9. letakkan di tempat teduh dan terang terutama terlindung dari air hujan dan sinar matahari secara langsung.
  10. pada hari ke 7-14 biji hollyhock akan mulai tumbuh.
  11. lepas plastik penutup.
  12. siram secara teratur dan ketika daun sejati telah muncul atau sudah berdaun 4, maka bibit hollyhock sudah bisa dipindah ke tempat yang lebih besar.
  13. hollyhock adalah tanaman yang tahan terhadap panas bahkan akan semakin subur bila banyak terkea sinar matahari dank arena tanamannya tinggi akan lebih kokoh bila di tanam di tanah langsung, tentunya bila mau menanam di tanah akan lebih baik bila tanaman sudah agak besar. Namun bisa juga ditanam di pot, usahakan pot ukurannya 30 cm ke atas.

Demikianlah penjelasan tentang bunga hollyhock dan cara penanaman serta perawatannya semoga dapat membantu anda yang memang ingin menanam bunga ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *