Pendidikan

Tips Melakukan Public Speaking yang Baik

Pelatihan Public SPeaking

Secara sederhana public speaking dapat di artikan sebagai kemampuan berbicara di hadapan  banyak orang. Namun perlu kita semua pahami, sebenarnya pengertian public speaking tidak sesederhana yang banyak orang ketahui. Kemampuan memiliki public speaking sangatlah sulit, karena kemampuan berbicara di muka umum itu mencakup berbagai aspek, bukan hanya sekedar berbicara.

Public speaking adalah rangkaian cara berpikir dan pengumpulan seluruh talenta manusia atas pengalaman masa lalu, masa sekarang dan masa yang akan datang kemudian dipadukan dengan etika, pola berperilaku, ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, analisa keadaan dan faktor lainnya, lalu dikemas dalam bentuk kalimat atau ucapan yang mengandung makna strategi komunikasi dibaliknya untuk mencapai sebuah tujuan.

Tidak banyak orang yang mengerti public speaking. Bahkan ada yang beranggapan bahwa public speaking itu sulit untuk dilakukan dan hanya dapat dilakukan oleh orang – orang yang tinggi saja pendidikannya.  Apa kekeliruan itu? Di bawah ini ada beberapa kasus tentang kekeliruan orang public speaking .

Mengapa public speaking itu penting? Kompetensi dalam komunikasi lisan dalam berbicara dan mendengar merupakan prasyarat bagi kesuksesan akademik, dan  individual professional. Selain itu, keahlian komunikasi sangat penting dalam mendapatkan dan mempertahankan pekerjaan. Dan public speaking juga memberikan banyak kesempatan bagi kita semua untuk meningkatkan karier, talenta kepemimpinan, kemampuan dan kepercayaan diri. Bahkan public speaking dapat menjadi sarana untuk memperbanyak teman, kolega, kenalan dan lain-lain.

Public Speaking Itu Sulit Untuk Dilakukan

Banyak orang yang mengatakan bahwa public speaking itu sulit untuk dilakukan. Padahal membuat segalanya jadi  yang sulit dirinya sendiri. Pemahaman seperti itulah yang mereka enggan untuk melakukan training public speaking. Sekarang yang dibenarkan adalah tentang pemahaman tentang berbicara itu, bahwa semua orang bisa melakukan public speaking jika mereka mau berlatih untuk berbicara di hadapan banyak orang.

Public Speaking Membutuhkan Bakat

Nah yang ini juga salah. Karena public speaking dapat dilakukan karena kita terbiasa dan sering berlatih. Jika kita dapat mengasah kemampuan melalui belajar public speaking maka akan menonjol pula kemampuan kita.

Pengertian atau Definisi Public speaking Menurut Ahli David Zarefsky mengungkapkan bahwa Public speaking adalah merupakan proses komunikasi berkelanjutan, dalam bentuk pesan, simbol (komunikasi), atau gambar secara terus – menerus antara presenter dengan market.

Apa Tujuan Public Speaking

To Convince

Apa itu to convince? To convince tujuan dari that are adalah public speaking untuk market agar mempercayai  mempengaruhi presenter.

Merubah Attitude

Merubah attitude seseorang merupakan hal yang sulit. Untuk merubah mindset itu dapat melakukan public speaking kepada audiens kita.

To Teach

Tujuan dari public speaking salah satunya yaitu untuk mendidik audiens menjadi lebih cerdas dan memiliki pengetahuan yang lebih luas dari sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *