Pendidikan

Idelogi di Indonesia

Ideologi adalah sesuatu yang menjadi identitas dan ciri khas suatu negara. Di Indonesia ideologi dugunakan sebagai identitas pemerintahan negara. Ideologi di indonesia menganut ideologi pancasila yang notabennya semua aspek aspek dalam hidup bermasyarakat dipengaruhi oleh pancasila. Ideologi sendiri merupakan bagian vital dari sebuah negara, tanpa adanya ideologi yang dianut suatu negara maka negara tersebut akan hancur dari dalam.

Ideologi Indonesia

Pada dasarnya terdapat berbagai macam ideologi yang dianut oleh berbagai negara. Adapun bentuk ideologi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Idelogi liberalis (ideologi yang menganut sistem liberal)
  • Ideologi kapitalis (ideologi yang menganut sistem kapital)
  • Ideologi komunis (ideologi yang menganut paham komunisme)
  • Ideologi demokrasi (Ideologi yang menjunjung tinggi asas demokrasi)

Dari berbagai macam ideologi tersebut Indonesia menggunakan ideologi demokrasi yang notabennya memberikan hak untuk bersuara secara bebas dan dapat dipertanggung jawabkan. Namun karena menganut asas keterbukaan ideologi demokrasi menjadi sangat rawan untuk diserang oleh bangsa asing. Semisal jika sebuah negara menganut ideologi demokrasi yang memberikan hak dan kebebasan dalam mengungkapkan opini. Dan suatu saat negara tersebut dipengauhi oleh paham komunisme hal ini dapat membahayakan negara tersebut.

Ancaman ideologi pada dasarnya sangat berbahaya karena dapat mengganggu sistem pemerintahan negara dan merusak persatuan bangsa. Apa jadinya jika suatu bangsa kehilangan ideologinya. Strategi indonesia menghadapi ancaman ideologi sangat efektif karena dengan cara ini indonesia tetap dapat mejaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Adapun strategi indonesia menghadapi ancaman ideologi adalah sebagai berikut ini:

  • Memberikan kebijakan kebijakan tertentu terkait politik yang mengacu pada ideologi bangsa.
  • Meberikan hak yang harus diimbangi dengan kewajiban pada setiap orang.
  • Menumbuhkan rasa cinta tanah air.
  • Membuat divisi pertahanan politik luar negeri.

Ancaman ideologi memang sangat berbahaya apalagi untuk negara yang masih berkembang seperti indonesia. Indonesia yang memiliki ideologi demokrasi atau bebas aktif ini menjadi sasaran empuk pasar dunia. Maka dari itu tidak heran jika kita sering melihat produk produk luar negeri beredar dengan mudah di Indonesia.
Sekian artikel yang dapat saya sampaikan kali ini terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *