Pendidikan

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis agar Tersusun dengan Baik

Pembuatan makalah tidak dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Pembuat makalah memerlukan sejumlah waktu agar makalah yang mereka buat dapat tersusun dengan tepat. Dalam pembuatan daftar isi misalnya, pembuat makalah akan dipusingkan dengan pembuatan daftar isi tersebut. Penampilan daftar isi yang tersusun dengan rapi harus terlihat menarik dan rapih. Jika tidak, makalah akan terlihat buruk dan tidak berharga. Seperti yang kita ketahui, daftar isi merupakan bagian makalah yang menunjukan letak dari isi keseluruhan sebuah makalah. Jika tidak dibuat dengan baik dan tepat, makalah akan terlihat berantakan. Untuk itulah, pembuat makalah dituntut untuk memahami cara membuat daftar isi dengan baik dan tepat.

Daftar isi dapat dibuat secara manual dan otomatis. Pada bagian daftar isi, pembaca akan melihat banyaknya tanda titik di bagian tersebut. Tanda titik di bagian daftar isi harus dibuat dengan sempurna dan memiliki ukuran panjang yang serupa. Jika tidak, nilai kerapian daftar isi sebuah makalah akan bernilai sangat buruk. Untuk mengetahui cara pembuatan daftar isi secara otomatis, perhatikan penjelasan di bawah ini:

•    Pertama, lakukan double klik pada bagian ruler hingga ruler muncul tanda menyerupai huruf L.
•    Nantinya laman akan menampilkan kotak dialog. Pilih left dan pilih pula model tulisan yang terdapat tanda titik.
•    Buat kembali tanda “L” di ruler seperti cara pertama dan pilih right kemudian pilihlah model None.
•    Pembuatan daftar isi secara otomatis dapat dibuat dengan menggunakan Tab.
•    Pilih beberapa titik di bagian ruler untuk pembuatan Tab tersebut.

Cara membuat daftar isi secara manual tersebut sangatlah mudah untuk diikuti. Pembuatan daftar isi semakin mudah dengan adanya penjelasan mengenai cara pembuatan daftar isi tersebut. Tanda titik yang merupakan salah satu permasalahan pada bagian daftar isi dapat diselesaikan dengan cara membuat daftar isi tersebut. Letak tanda titik akan terlihat serupa dengan adanya cara-cara membuat daftar isi tersebut. Semoga dengan penjelasan mengenai cara pembuatan daftar isi tersebut, kegiatan membuat makalah dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *