Islam

Amalan Ketika Mendengar Adzan

Seruan adzan telah terdengar, maka itu artinya Anda sebagai seorang muslim telah memasuki waktu melakukan ibadah sholat wajib 5 waktu sehingga tentunya Anda perlu bersiap-siap untuk melaksanakannya. Adzan adalah sebuah seruan dengan kalimat-kalimat indah yang mengabarkan bahwa waktu sholat telah tiba dan menyerukan untuk segera berkumpul melaksanakan sholat secara berjamaah. Akan tetapi tahukah Anda bahwa ada beberapa amalah yang mestinya segera Anda lakukan saat seruan adzan mulai terdengar?

Adzan adalah sebuah seruan yang mulia. Meskipun adzan hanyalah tata cara untuk mengabarkan mengenai datangnya waktu sholat dan seruan untuk sholat berjamaah, akan tetapi adzan ini bahkan disebutkan dalam berbagai hadist dan dalil. Sehingga benar bila adzan ini adalah sebuah seruan yang mulia. Bahkan saat seruan adzan mulai dikumandangkan, ada beberapa amalan yang sebaiknya Anda lakukan. Tentu saja mengamalkan amalan-amalan ini akan mendatangkan pahala bagi Anda. Diantara amalan-amalan tersebut ialah, yang pertama mengucapkan dengan persis apa yang diucapkan olelh muadzin. Amalan ini bisa kita sebut sebagai amalan untuk menjawab adzan, hal ini disampaikan oleh Muttafaun ‘alaihi. Amalan kedua adalah bersholawat untuk Nabi Muhammad SAW. Atau Anda bisa juga melengkapinya dengan melaksanakan sholawat ibrahimiyyah seperti yang dilafalkan saat tasyahud dalam sholat.

Amalan yang ketiga ialah dengan meminta wasilah dan keutamaan kepada Allah SWT dan ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW. Kalimat ini adalah kalimat yang memang biasa diucapkan saat adzan telah usai, seperti yang diriwayatkan oleh Jabir bin Abdillah. Amalan yang keempat ialah menyampaikan kesaksian bahwa Allah adalah Rabb atau Tuhan Anda, ridho dan ikhlas bahwa Islam adalah agama Anda, kesaksian yang ridho dan ikhlas bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah SWT. Lafal ini diriwayatkan oleh Sa’ad bin Abi Waqqash. Amalan terakhir yang dianjurkan ialah memanjatkan doa-doa untuk meminta kepada Allah SWT apa-apa yang Anda inginkan.

Itulah beberapa amalan yang hendaknya Anda lakukan saat mendengarkan seruan adzan. Dan ketahuilah bahwa menyampaikan doa-doa setelah mendengarkan adzan akan menjadi perantara bagi Anda untuk dikabulkannya doa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *