Islam

Amalan Ketika Mendengar Adzan

Seruan adzan telah terdengar, maka itu artinya Anda sebagai seorang muslim telah memasuki waktu melakukan ibadah sholat wajib 5 waktu sehingga tentunya Anda perlu bersiap-siap untuk melaksanakannya. Adzan adalah sebuah seruan dengan kalimat-kalimat indah yang mengabarkan bahwa waktu sholat telah tiba dan menyerukan untuk segera berkumpul melaksanakan sholat secara berjamaah. Akan tetapi tahukah Anda bahwa ada beberapa amalah yang mestinya segera Anda lakukan saat seruan adzan mulai terdengar?

Adzan adalah sebuah seruan yang mulia. Meskipun adzan hanyalah tata cara untuk mengabarkan mengenai datangnya waktu sholat dan seruan untuk sholat berjamaah, akan tetapi adzan ini bahkan disebutkan dalam berbagai hadist dan dalil. Sehingga benar bila adzan ini adalah sebuah seruan yang mulia. Bahkan saat seruan adzan mulai dikumandangkan, ada beberapa amalan yang sebaiknya Anda lakukan. Tentu saja mengamalkan amalan-amalan ini akan mendatangkan pahala bagi Anda. Diantara amalan-amalan tersebut ialah, yang pertama mengucapkan dengan persis apa yang diucapkan olelh muadzin. Amalan ini bisa kita sebut sebagai amalan untuk menjawab adzan, hal ini disampaikan oleh Muttafaun ‘alaihi. Amalan kedua adalah bersholawat untuk Nabi Muhammad SAW. Atau Anda bisa juga melengkapinya dengan melaksanakan sholawat ibrahimiyyah seperti yang dilafalkan saat tasyahud dalam sholat.

Amalan yang ketiga ialah dengan meminta wasilah dan keutamaan kepada Allah SWT dan ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW. Kalimat ini adalah kalimat yang memang biasa diucapkan saat adzan telah usai, seperti yang diriwayatkan oleh Jabir bin Abdillah. Amalan yang keempat ialah menyampaikan kesaksian bahwa Allah adalah Rabb atau Tuhan Anda, ridho dan ikhlas bahwa Islam adalah agama Anda, kesaksian yang ridho dan ikhlas bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah SWT. Lafal ini diriwayatkan oleh Sa’ad bin Abi Waqqash. Amalan terakhir yang dianjurkan ialah memanjatkan doa-doa untuk meminta kepada Allah SWT apa-apa yang Anda inginkan.

read more

Islam

Berbagai Hal yang Harus Dihindari dalam Niat Sholat Dhuha

Sholat dhuha merupakan salah satu ibadah sunah yang sangat disukai oleh Allah dan Nabi Muhammad SAW. Hal tersebut sudah banyak terdapat di dalam sunah dan hadis riwayat para ulama besar islam. Kita sebagai kaum awam terkadang banyak mengalami kesalahpahaman dalam menafsirkan informasi apapun termasuk hal yang berkaitan dengan niat sholat dhuha. Niat merupakan hal yang sangat penting jika ANda memiliki niat yang salah maupun jahat maka sel-sel dalam tubuh Anda akan merespon niat Anda. Perlu Anda ketahui bahwa jika hati dan pikiran sudah satu jalur atau satu frekuensi maka sel-sel dalam tubuh sangta mudah diperintah oleh hati. Kesempatan tersebut harus dimanfaatkan dengan baik sehingga tubuh Anda dapat merespon dengan positif dan baik. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah khusuk saat sholat dhuha.

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat sholat dhuha dengan baik maka harus diawali dengan niat sholat dhuha yang benar dan baik. Karena setiap orang memiliki kecenderungan untuk lalai dalam melakukan sesuatu bila tanpa niat yang benar. Ada berbagai hal yang harus dihindari dalam berniat sholat dhuha.

  1. Niat sholat hanya untuk urusan duniawi

Seseorang dapat salah langkah bila memiliki niat yang salah dan tidak mengikuti tata aturan niat yang benar. Slah satunya yaitu meniatkan sholat untuk urusan duniawi seperti agar memperoleh harta yang banyak. Karena banyak orang yang beranggapan bahwa sholat dhuha dapat meningkatkan rezeki spserti harta benda. Akan tetapi Anda tidak boleh berniat seperti itu karena beribadah hanya diniatkan untuk Allah semata tidak untuk yang lainnya.

  1. Niat sholat hanya demi kekasih

Sekarang ini banyak hal yang terlihat konyol tetapi nyata seperti berbagai ibadah yang diniatkan hanya untuk seorang kekasih. Padahal menjalin hubungan dengan kekasih merupakan bentuk mendekati zinah. Hal tersebut seharusnya dihindari sehingga pikiran dan hati Anda ketika sholat hanya khusus kepada Allah.

Cukup sekian info berbagai hal yang harus dihindari dalam niat sholat dhuha. Mulailah berlatih niat ibadah hanya lilahita ‘ala sehingga pikiran kita tidak memikirkan dunia semata. Pikiran pada dasarnya akan cenderung ke dunia sehingga berusahalah berniat ibadah bukan hanya untuk urusan dunia tetapi untuk urusan akhirat Anda. Sekian dan terima kasih.

read more