Food

Zat Gizi yang Terkandung dalam Kurma Muda

jual kurma muda ruthab
Apakah Anda pernah dengar tentang kurma muda? Atau bahkan mungkin Anda sudah pernah memakannya? Kurang banyak orang yang tahu tentang kurma muda terlebih lagi tentang manfaatnya bagi kesehatan. Karena toko oleh-oleh haji jarang ada yang jual kurma jenis ruthab ini.

Dates atau yang biasa disebut kurma adalah buah yang khas berasal dari daerah dengan suhu panas yang cukup tinggi contohnya kawasan sekitar Timur Tengah, seperti Irak, Arab Saudi, sampai dengan Afrika Utara. Kurma kian tersohor dan mulai dikembangkan di benua Amerika hingga sampai pula di Indonesia. Ada beberapa jenis kurma yakni :

1.) Tamr yaitu kurma yang telah mengalami proses pengeringan.
2.) Kurma ukuran penuh.
3.) Ruthob yaitu kurma muda.
4.) Kurma matang bertekstur lembut.

Tahukah Anda tentang Kurma Muda atau Ruthob yang bermanfaat?
Ruthob atau kurma muda mungkin masih asing di telinga kebanyakan masyarakat Indonesia. Di dalam Ruthob sebenarnya semua zat gizi yang terdapat dalam makanan pokok telah tersedia, antara lain : protein, lemak , lemak, gula, vitamin dan juga mineral. Ternyata faktanya Ruthob mengandung zat-zat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, antara lain adalah :
Gula
Air
Serat
Protein
Lemak
Vitamin A
Vitamin B1
Vitamin B2
Potasium atau Kalium
Tembaga Belerang
Besi
Seng
Magnesium
Mangan
Kalsium
Fosfor

Beberapa zat kimia lainnya yang bisa mempengaruhi hormon oksitosik juga ditemukan terkandung dalam kurma muda, serta zat lain yang mampu menghambat produksi hormon pada kelenjar gondok atau glandula thyreoidea. Selain itu ada pula zat lainnya yang bisa membangkitkan hormon yang mempengaruhi kelenjar susu untuk memperlancar Air Susu Ibu atau ASI.

Ada pula zat yang menyerupai hormon botosin yang mempunyai peranan penting berguna meningkatkan gerakan kontraksi pembuluh darah dan uterus pada kaum wanita, dengan demikian mampu meningkatkan kesuburan pada kaum hawa. Kandungan acetylsalicylic acid alami, juga ditemukan terkandung dalam buah kurma muda. Zat acetylsalicylic acid yang alami ini bersifat analgesic, yakni sifat yang bisa mengurangi atau meredakan rasa sakit. Anda bis dapatkan kurma segar ini di pusat grosir oleh-oleh haji yang jual kurma muda di tanah abang, atau pasar kurma di yogyakarta dan solo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *