Bisnis

Perbandingan Harga Sapi Kurban yang Dijual Secara Online Maupun Offline

Kurban adalah salah satu ibadah yang dilakukan oleh seluruh umat muslim di dunia dalam kurun waktu sekali dalam setahun. Hari raya tersebut ditandai dengan penyembelihan berbagai hewan kurban sesaat sesudah menyelesaikan sholat idul adha. Kegitan itu merupakan perayaan umat islam atas pemberian berkah dan rahmatnya oleh sang pencipta. Sebagai umat muslim harus memilih salah satu hewan kurban untuk disembelih. Di Indonesia mayoritas masyarakatnya memilih binatang sapi kurban untuk dipotong. Karena tubuhnya yang besar menjadi daya tarik sendiri dan merupakan sunnah dalam pemilihan hewan sebagai ibadah qurban.

 

Sapi sendiri mempunyai harga yang cukup fantastis tetapi hal tersebut tidak menyurutkan warga untuk berbondong-bondong membelinya sebagai kurban. Setiap tahunnya harga hewan kurban selalu mengalami kenaikan bahkan bisa dibilang itu merupakan salah satu hewan kurban termahal. Dibalik itu semua binatang sapi mempunyai kelebihan-kelebihan jika digunakan sebagai kurban, antara lain:

 

  1. Karena tubuhnya yang besar tentunya akan menghasilkan daging lebih banyak dari pada hewan lainnya. Selain itu juga masyarakat lebih menyukai untuk mengkonsumsi sapi dari pada hewan lainnya.
  2. Banyaknya umat muslim yang dapat merasakan daging sapi karena banyaknya daging yang dihasilkan.
  3. Sapi terkenal dengan kebersihan dan kesehatannya terbukti susu sapi saja banyak yang memanfaatkan sebagai pendukung daya tubuh yang tetap sehat.

 

Dibalik kelebihan tersebut terdapat banyak jenis sapi dengan mulai ukuran dan juga harga sapi kurban yang berbeda. Apalagi jika bulan-bulan dzulhijjah seperti ini, dipasaran sapi sangat susah dicari karena banyaknya permintaan hal tersebut mengakibatkan harga yang terus melonjak naik. Bagaimana, sudahkah Anda mempunyai rencana untuk melakukan kurban? Mungkin sapi menjadi pilihan Anda dan keluarga. Dalam melakukan pembelian hewan kurban sekarang ini bisa dengan 2 cara, antara lain:

 

  1. Secara offline.

Ini merupakan cara yang dari dahulu dipakai oleh masyarakat, mereka akan mengumpulkan uang pada suatu tempat ibadah kemudian mencari hewan yang cocok untuk dijadikan kurban. Dengan melakukan penyembelihan sendiri, penyaluran hanya terbatas disekitar lingkungan. Dalam pembelian ini Anda bisa secara langsung melihat bentuk dan wujud dari sapi tersebut, apakah sudah masuk kriteria atau belum Anda bisa menentukan sendiri.

 

  1. Secara online.

Sistem online muncul karena perkembangan yang ada saat ini terutama dalam hal teknologi. Makanya tidak heran berbelanja sekarang bisa dilakukan melalui internet bahkan sampai dengan membeli sapi untuk kurban sekalipun. Dalam hal ini Anda memilih suatu lembaga yang menyalurkan hewan kurban ke seluruh daerah. Jadi Anda tidak bisa melihat wujudnya, memotongnya, menyalurkannya dan lainnya. Karena pada sistem ini semuanya langsung jadi setelah Anda mengirim sejumlah uang seperti kesepakatan harga hewan kurban tersebut. Tetapi kalau untuk masalah harga memang lebih fleksibel secara offline, masih ada usaha tawar menawar antar pembeli dan penjual sebaliknya dengan pembelian secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *